Tuesday, February 23, 2016

SAFETY DOJO

SAFETY DOJO



hari ini saya diberi kesempatan mengikuti Training tentang keselamatan kerja.kesempatan ini akan sangat menambah pengalaman saya tentang safety/ keselamatan.dalam suatu perusahaan apa saja atau diri sendiri tentu sangat penting. baik untuk keselamatan manusia,mesin dan lingkungan sekitar.nah dari Training tadi tentang safety dojo. sepengetahuan saya adalah safety (keselamatan) dan dojo(seni bela diri jepang) jika digabung menurut saya yaitu ini Training membahas keselamatan para pelaku seni beladiri jepang tersebut. Namun anggapan itu salah besar teman-teman.



dijepang dojo adalah tempat Training fisik dan mental para ninja.agar ninja kuat fisik dan mental serta peka terhadap ancaman musuh. Training safety dojo yang saya peroleh tadi adalah ininya dalam Training Safety Dojo melatih kepekaan terhadap pentingnya keselamatan baik di area kerja maupun di luar area kerja agar karyawan tidak terjadi kecelakaan.

agar tidak terjadi kecelakaan dalam  Training ini kita harus peka terhadap hal-hal yang ada di sekitar. dalam training ini saya di beri pengarahan tentang keselamatan dan kesehatan kerja(K3). mula saya memasuki ruangan yg dilam nya berupa dokumtasi alat kerja yang berbahaya serta dokumen kecelakaan yang terjadi baik di lingkungan perusaahan saya bekerja maupun di luar negri sama-sama satu naungan dalam perusahaan.


kecelakaan -kecelakaan itu sudah berlalu sebaiknya kita menjadi kejadian itu menjadi pengalaman yang tak perlu mengalami atau pun merasakannya.karena kecelakan kerja selalu mengintai maka selanjutnya perlunya alat pelindung diri guna melindungi dan meminimalisir terjadi nya kecelakaan kerja baik di area tempat bekerja,diluar area kerja serta melindungi dari akibat pekerjaan. dalam sesi ini saya dikenal kan berbagai macam APD (alat pelindung diri) yang digunakan di perusahaan.dari mulai kaki dan hingga kepala. berikut macam-macam APD




Training ini guna meningkatkan kepekaan diri terhada hal yang berbahaya.dan bila terjadi kecelakaan  atau bencana sebaiknya sesegera mungkin memberi informasi kepada atasan serta petugas yang terkait . dalam berusahaan saya bekerja ada 2 yang terkait dalam hal ini yaitu 1. team tanggap darurat, team ini menangani jika terjadi terjadinya bencana baik berupa bencana berupa tumpahan cairan kimia,dan kebakaran. yang 2. yaitu team medis/ambulance ini berguna menangani karyawan secara cepat tepat bila terjadi kecelakaan kerja. dengan cara mentelephonenya dengan cara menyebutkan nama dan bagian pekerja dilanjut kejadian yang dialami kemudian disertai keterangan tempat kejadiannya .

sebagian besar dari peserta Training adalah operator produksi yaitu orang yang mengoprasikan dengan mesin. mesin yang di gunakan sebagian besar menggunakan mesin yang bergerak rotari(berputar).saya di perkenalkan dengan bahaya dari mesin berputar adalah titik cepit dari mesin tersebut.dalam menyiasatinya agar aman dan meminimalisir resiko kecelakaan perlu adanya rekayasa disain.  rekayasa disain mesin ini bisa berupa emergensi stop, rope emergensi, line(tanda jarak aman terhadap mesin).

dalam bekerja teman teman semua pasti ingin mengerjaka dengan ringan namun dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat ,sesara otomatis menghasilkan produk yang banyak dengan kualitas bermutu tinggi. dalam hal ini perlu alat bantu agar mencapai apa yang kita inginkan.ambil contoh saja alat angkut. dalam training hal yang perlu diperhatikan dalan pengunaan alat angkut agar aman yaitu : 1. kapasitas alat 2. elemen alat harus berfungsi 3. barang yang dibawa harus tersusun rapi. 4. saat membawa barang pastikan barang tidak menutupi pandangan.

 training safety dojo tak berhenti sampai di situ saja. selanjutnya saya diberi pengarahan tentang body harnes cara pemakaian ya dan pengunaannya. body harnes dipergunakan  untuk pekerjaan di ketinggiaan maupun di ruang terbatas.



kemudian peserta training satu persatu mencobanya bodi harnes dan mempraktekan nya ditempat ketinggian dan tempat terbatas.pengalaman ini sangan berharga bagi saya  bisa diterapkan baik di tempat kerja maupun di luar tempat kerja. " BERANGKAT SELAMAT , BEKERJA SELAMAT , PULANG SELAMAT" kata ini yang terlontar oleh seorang safety  engineering di perusahaan  saya bekerja.

di sesi terakir ada evaluasi seperti tes tentang materi yang telah disampaikan dari awal hingga terakir. berupa mengutarakan resiko apa saja yang terjadi oleh simulator dan bagaimana benarnya. dalam 10 menit saya mengarang bebas.berhasil 10 resiko bahaya yang di alami simulator meskipun itu tak semuanya benar. evaluasi terakir dilakukan dikelas taining. sebanya 19 soal dan 1 soal harus menjawab dalam 10 detik. wauw....! cepat sekali sesekali telewat untuk menjawabnya tapi itu harus terjawab. apa boleh buat. dan akirnya benar 16 dan salah 3. hasil jawaban saya.

training pun selesai namun anggota training lainnya terdengar curahan hati seorang tentang kenaikan gaji taun ini. perbandingan antara karyawan baru dan senior relatif seimbang. saat ini karyawan baru saja dengan pengalaman minim dibidang kami langsung mendapatkan income dengan kepala 3an.sedangkan untuk karyawan senior mungkin kenaikan rata-rata 10% yang untuk nominalnya relatif sama dengan karyawan baru. hal ini membuat karyawan tidak termotifasi untuk bekerja dari tahun ketahun menjadi lebih baik lagi. 1 karyawan peserta training berkata,"yaaaa, kopi manis,kopi pait ,pak" . sepengal kalimat itu bahwa, penerimaan dari seorang  karyawan senior yang memahami tentang takaran pekerjaan dan hasil yang didapat. untuk bapak karyawan senior tetep semangat dalam bekerjanya pak yaaaa. untuk bosss-bosss  yang menduduki suatu jabatan yang tertinggi berikanlah perbedaan income yang lebih manusiawi untuk karyawan senior karena kesetiaannya terhadap perusahaan yang anda miliki/anda pimpin.

secuil cerita pengalam pribadi saya ini semoga menjadi manfaat bagi teman-teman yang sudi membacanya dan mohon maaf atas kekurangannya.

TERIMAKASIH


No comments:

Post a Comment